Rabu, 19 Juni 2013 | By: Unknown

Rumus Sukses di Bisnis Asuransi



Banyak orang yang mau diajak berbisnis sebagai agen asuransi, tapi entah kenapa tidak mau melanjutkan bisnisnya. Alasan yang paling populer adalah “Kan gak jalanin bisnis asuransi juga gak mati” atau “Selama masih ada pekerjaan lain yang bisa dijalanin, asuransi adalah pilihan terakhir”.

Buat saya ini adalah pernyataan yang sah-sah aja, sebabnya itu kan menyangkut hak orang untuk melakukan pilihannya. Kan kalau semua orang jadi Agen Asuransi, terus siapa yang jadi nasabahnya. Apa benar bisnis asuransi cocok untuk semua orang? Menurut anda, apa sih yang harus dimiliki calon agen asuransi supaya bisa sukses?

Menurut saya, peluang bisnis asuransi memang terbuka luas bagi siapa saja, namun sayangnya, statistik berkata lain, ternyata untuk sukses di bisnis asuransi jiwa, adalah bukan untuk semua orang, melainkan untuk orang-orang yang gigih dalam memperjuangkan kesuksesannya.

Berikut saya ringkaskan, beberapa poin penting untuk anda yang baru mau bergabung atau yang sudah bergabung tapi seperti hilang arah. Inilah beberapa hal penting yang anda harus mengerti dan pahami.

Untuk sukses di bisnis asuransi jiwa, setidaknya anda perlu memahami hal dibawah ini, yaitu:

1.) Percaya pada bisnis ini,
Siapapun orangnya, kalau hati, pikiran dan perkataan anda tidak sinkron atau nyambung, bagaimana bisa sukses? Hati bilang saya pasti sukses, Pikiran bilang apa iya ya, Perkataan bilang kayaknya saya gak bisa. Apakah menurut anda yang kayak gini bisa sukses?

2.) Kemauan yang keras untuk merubah nasib,
Salah satu keunggulan bisnis asuransi adalah gak perlu keluarin modal besar di awal, bahkan gak pakai modal sama sekali juga bisa, contoh sampai beli materai untuk teken kontrak aja disiapin sama leadernya. Tapi kalau ngomong masalah kemauan yang keras untuk merubah nasib, mau beli dimana selain dari diri sendiri?

3.) Masalahnya bukan bisa atau gak bisa, tapi mau apa gak mau,
Banyak agen asuransi yang baru gabung, mikirnya harus dapetin dulu semua ilmu dan pengetahuannya, baru mau mulai jalan, tapi sayangnya bisnis ini tidak bisa seperti itu. Bisnis asuransi jiwa harus belajar sambil praktek, kalau ditanya tidak bisa jawab, itu hal yang wajar ditahap awal-awal. Jadi bukan karna bisa atau gak bisa, Masalahnya anda mau gak jalaninnya?

4.) Punya semangat yang besar dan pantang menyerah,
Ini berhubungan dengan poin nomor 2, yaitu kemauan yang keras untuk merubah nasib. Orang akan punya semangat yang besar tergantung dari alasan dibalik untuk apa dia bersusah-susah jalanin hidup. Semakin besar kemauannya semakin besar juga semangatnya. Orang sukses biasanya penuh dengan semangat yang terus re-fill.

5.) Punya rencana sukses,
Fail to Plan is Plan to Fail, miliki visi dan blueprint yang jelas tentang bagaimana anda akan sukses di bisnis asuransi jiwa ini. Kalau anda saja tidak tahu hitungan yang jelas bagaimana caranya bisa dapat pendapatan 100 juta/bulan contohnya. Gimana mau sukses?

6.) Harus pegang prinsip bahwa orang yang paling bertanggung jawab atas keberhasilan saya adalah diri saya sendiri,
Ini penyakit yang sering sekali menjangkiti orang yang belum sukses, paling enak memang nyalain orang lain daripada salahin diri sendiri. Ambil keputusan, andalah yang paling bertanggung-jawab atas kesuksesan anda. Ya betul, anda yang lagi asyik baca tulisan ini adalah yang paling bertanggung-jawab atas kesuksesan anda sendiri. Jangan salahkan siapa-siapa..

7.) Leader kita sifatnya hanya membantu, jangan dijadikan Pembantu (awas nanti Kualat),
Ada beberapa kesalahan aturan main yang biasa terjadi di bisnis asuransi. Orang yang mengajak bisnis (Leader) karena begitu pedulinya, sampai-sampai bisa berubah peran menjadi pembantu pribadi untuk agennya. Tolong sana, tolong sini, sampai persis seperti asisten pribadi. Hati-hati, jangan sampai salah ambil peranan.
.
8.) Jangan pernah berhenti belajar, selalu kosongkan gelas anda dan tinggalkan jubah anda dari pekerjaan yang sebelumnya, apapun itu posisinya,

9.) Selalu perbanyak baca buku yang bagus dan ikut seminar yang bisa menambah kualitas pengetahuan dan kemampuan anda, seperti belajar tentang Cara Menjual Asuransi ke Klien Perusahaan.

10.) Fokus pada impian dan konsisten mengejarnya,
Agen asuransi yang gagal kalau ditanya kenapa anda gak lanjutin bisnis asuransinya? jawaban paling nge-trend adalah, “saya gak kuat sama penolakannya”. Sangat jelas diutarakan bahwa orang tersebut fokusnya pada masalah dan bukan pada impian, ini yang menyebabkan banyak orang gagal di bisnis asuransi jiwa.

11.) Pastikan anda ikut sistem,
Banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda bergabung ke bisnis asuransi, yang parahnya adalah apabila orang tersebut berlatar belakang sales/tenaga penjual. Biasanya ilmu yang dipakai bukan ilmu menjual asuransi tapi ilmunya yang lama. Orang ini akan banyak menjumpai penolakan dan keberatan yang harus di jawab. Pastikan ikut sistem, jangan pakai caranya sendiri, BAHAYA, ada resiko gagal.

12.) Praktekan apa yang anda pelajari,
Usahakan setiap bulan atau setiap tahun kuasai satu modul yang terbukti bisa menghasilkan uang yang cukup bagus. Praktekan ilmu anda dan jadilah master di bidang itu..

13.) Konsultasi dengan Leader selayaknya kepada Orang Tua,
Salah satu hal yang paling bernilai dari bisnis asuransi jiwa adalah, anda punya Leader yang siap membantu (ingat, bukan pembantu ya). Konsultasikan setiap masalah yang tidak bisa anda handle ke Leader anda, walaupun terkadang Leader anda belum punya jawaban atas permasalahan anda, paling tidak ada telinga yang bisa mendengarkan keluh-kesah anda, dari pada dilampiaskan ke tukang somay, ngomong juga udah gak nyambung. (maaf tukang Somay, hanya contoh aja, saya juga masih suka somay kok).

14.) Berserah dalam doa, bukannya pasrah pada keadaan,
Bedanya adalah orang yang Berserah kepada Tuhan, menyerahkan segala sesuatunya dan fokus pada apa yang bisa dia lakukan. Sementara Pasrah adalah, menyerahkan segala sesuatunya pada Tuhan dan menunggu keadaan akan berubah dengan sendirinya. Menunggu hujan duit dan emas, adalah pekerjaan yang sia-sia, Ayo cepet, ganti baju anda, keluar dari rumah anda, temui siapa saja, ajaklah bicara orang yang membalas senyum anda, walau belum tentu closing, setidaknya anda dapat satu kenalan.

Intinya bisnis asuransi bukan untuk semua orang. Jadi tenang saja, anda pasti masih bisa dapat nasabah dan tidak akan kehabisan nasabah…

Salam Sukses 

PT.Allianz Life Indonesia
Suwan Jaya Sujanto
HP: 081260580072
Pin BB: 26BFB9A2

1 komentar:

Anonim mengatakan...

BENAR LUAR BIASA PENCERAHANNYA

Posting Komentar